Frequently Asked Questions (FAQs)


FAQ NonPendas & Pendas

Tutorial adalah fasilitas layanan belajar yang disediakan UT untuk membantu memantapkan hasil belajar mandiri mahasiswa melalui penyediaan beragam pengalaman belajar yang bermakna dalam mendukung capaian pembelajaran suatu mata kuliah.
Tutorial Tatap Muka (TTM) adalah tutorial yang dilaksanakan melalui pertemuan secara langsung (bersemuka) antara tutor dan mahasiswa dalam waktu dan ruang yang sama. Implementasi TTM dapat dilakukan secara langsung atau melalui Tuweb.
Tuweb adalah tutorial tatap muka yang diselenggarakan dengan memanfaatkan jaringan Internet dalam waktu yang sama (sinkron) tetapi di tempat atau ruang yang berbeda.
Tutorial campuran (blended) adalah tutorial yang dilakukan dengan mengintegrasikan modus TTM/Tuweb dan Tuton.
TTM yang dapat diikuti adalah TTM wajib dan TTM Atpem (tutorial atas permintaan mahasiswa). TTM wajib adalah TTM yang termasuk dalam layanan sistem paket semester (sipas).
Mendaftar di kantor UPBJJ-UT di mana mahasiswa terdaftar
Biaya mengikuti TTM Atpem adalah sebesar Rp 150.000 per mata kuliah
Nilai TTM berkontribusi sebesar 50% terhadap nilai akhir jika mendapat skor UAS minimal 30. Contoh: jika skor UAS adalah 50 dan nilai TTM adalah 90, maka nilai akhir = 50% x 90 + 50% x 50 = 45 + 25 = 70. Apabila skor UAS di bawah 30 maka nilai TTM tidak diperhitungkan pada nilai akhir, dan mahasiswa mendapat nilai E.
Apabila skor UAS di bawah 30 maka nilai TTM tidak diperhitungkan pada nilai akhir, dan mahasiswa mendapat nilai E
Tutorial Online (Tuton) adalah kegiatan tutorial yang diselenggarakan secara online (daring) melalui jaringan Internet. Mahasiswa dapat mengikuti Tuton dari mana saja sepanjang dapat mengakses jaringan Internet
Tuton yang dapat diikuti adalah Tuton mata kuliah, Tuton Tugas Akhir Program(TAP), Tuton Pembimbingan Karil (karya ilmiah) dan Tuton Bimbingan Praktek/Praktikum (Praton).
1. Mahasiswa melakukan registrasi Tuton untuk matakuliah yang ingin diikuti Tutonnya pada masa registrasi sesuai Kalender Akademik berjalan.

2. Mahasiswa yang baru pertama kali mengikuti Tuton harus melakukan aktivasi akun Tuton melalui laman elearning.ut.ac.id. Selanjutnya Login pada laman elearning.ut.ac.id menggunakan username dan password yang telah diperoleh dan mengisi Form Konfirmasi Mengikuti Tuton selama masa aktivasi sesuai Kalender Akademik UT.

3. Mahasiswa yang sudah memiliki akun Tuton, apabila ingin mengikuti Tuton pada semester berikutnya harus login ke laman elearning.ut.ac.id dan mengisi kembali Form Konfirmasi Mengikuti Tuton selama masa aktivasi Tuton.
Lakukan aktivasi akun terlebih dahulu pada menu Aktivasi pada laman elearning.ut.ac.id kemudian login menggunakan Username dan Password yang dikirimkan melalui email.
Simak video panduan aktivasi tuton pada Menu Panduan di laman depan http://elearning.ut.ac.id/
Jadwal aktivasi dan konfirmasi kesertaan Tuton dapat dilihat pada Kalender Akademik UT, pastikan melakukan aktivasi dan mengisi form konfirmasi sesuai jadwal Kalender Akademik.
Kalender Akademik UT dapat dilihat pada www.ut.ac.id pada menu Informasi Mahasiswa
Bagi mahasiswa yang sudah pernah aktivasi Tuton tidak perlu aktivasi Tuton lagi asalkan akses/login terakhir dalam sistem Tutorial Online tidak lebih dari 180 hari. Administrator sistem UT berhak melakukan penghapusan akun jika mahasiswa tidak pernah mengakses/login kedalam situs UT-Online selama 180 hari atau lebih sejak login terakhir.
Alamat email yang anda masukkan salah. Pastikan email yang didaftarkan/digunakan benar dan masih aktif. Coba cek email pada folder “SPAM”. Terkadang email konfirmasi aktivasi masuk ke dalam folder ”SPAM”.
Laporkan kendala anda melalui http://hallo-ut.ut.ac.id/ dengan menyebutkan Nama, NIM dan alamat emailnya.
Gunakan fasilitas “Lupa username atau password?”atau “Forgot your username or password?” pada laman elearning.ut.ac.id (https://elearning.ut.ac.id/login/forgot_password.php )
Mata kuliah akan muncul otomatis pada hari pertama tanggal Tuton dimulai sesuai dengan jadwal Tutorial Online pada Kalender Akademik UT.
Jadwal Tuton dapat dilihat pada laman depan elearning.ut.ac.id pada menu “Pengumuman”
Anda tidak melakukan atau terlambat melakukan aktivasi Tuton dan/atau tidak mengisi form konfirmasi Tuton dan/atau belum melunasi biaya registrasi mata kuliah.
Simak video dan panduan Tuton untuk mahasiswa pada laman depan elearning.ut.ac.id pada menu “Panduan” (https://elearning.ut.ac.id/mod/page/view.php?id=262055)
Kirim pesan ke tutor mata kuliah/kelas masing-masing melalui email tutor atau menggunakan fasilitas kirim pesan “Send a Message” dengan menyebutkan Nama, NIM dan kode matakuliah dan kode kelas tutorialnya. Contoh: Dhea Crystalia, NIM 001234567, MKDU4106.78.
1. Masuk ke Kelas Tuton 2. Klik menu Participant/Peserta 3. Pada Menu “Current role” pilih Teacher/Pengajar 4. Klik Nama Tutor 5. Klik message 6. Ketik pesannya secara lengkap dan jelas disertai identitas anda kemudian klik “send a message”
Laporkan kendala anda melalui http://hallo-ut.ut.ac.id/ dengan menuliskan Nama, NIM dan kode mata kuliah dan kelas tutorialnya.
Nilai Tuton terdiri dari 3 komponen yaitu Partisipasi/Kehadiran, Diskusi dan Tugas dengan komposisi penilaian sebagai berikut. Nilai Akhir Tuton = (20% nilai rata-rata Kehadiran) + (30% nilai rata-rata Diskusi) + (50% nilai rata-rata Tugas)
Untuk memperoleh nilai rata-rata, total nilai kehadiran/diskusi tetap dibagi 8 dan total nilai tugas tetap dibagi 3 secara otomatis oleh sistem
Nilai Tuton berkontribusi sebesar 30% terhadap nilai akhir mata kuliah dengan syarat skor UAS minimal mencapai 30%.

Contoh:

Jika Skor UAS sebesar 50 dan nilai tuton sebesar 90, maka nilai akhir mata kuliah adalah: (50% x 70) + (30% x 90) = 35 + 27 = 62. Apabila skor UAS di bawah 30% maka nilai Tuton tidak berkontribusi pada nilai akhir, dan mahasiswa langsung mendapat nilai E.
Latihan Mandiri atau LM merupakan layanan bantuan belajar dalam bentuk soal beserta umpan balik latihannya sebagai sarana belajar bagi mahasiswa untuk persiapan menghadapi UAS.
LM disediakan secara online yang dapat diakses melalui laman: https://lm.ut.ac.id/
Saat mengakses Latihan Mandiri tidak diperlukan akun dan tidak perlu Login. Untuk mengakses LM sesuai matakuliahnya tinggal gunakan menu pencarian atau “Search”.