Tutorial Online

Tuton (Tutorial Online) Program Diploma dan Sarjana

 

A. Pengertian

Tuton merupakan bantuan belajar yang diberikan kepada mahasiswa melalui teknologi informasi dan komunikasi yang bersifat tidak langsung (asyncronous). Tuton terdiri dari:

  1. Tuton Mata Kuliah

Dilaksanakan selama 8 (delapan) minggu pertemuan, mencakup pembahasan materi inisiasi, forum diskusi, dan pemberian tugas.

  1. Tuton Tugas Akhir Program (TAP)

Dilaksanakan selama 6 (enam) minggu mencakup pembahasan materi inisiasi dan  Tugas

  1. Tuton Pembimbingan Karya Ilmiah (Karil). Tuton mata kuliah Sedangkan Tuton TAP

Dilaksanakan selama 8 (delapan) minggu pertemuan, mencakup pembimbingan karya ilmiah mahasiswa

 

B. Ketentuan Umum Tutor Tuton

  1. Tutor memiliki latar belakang pendidikan minimal S1 dengan rumpun bidang studi yang sama dengan matakuliah yang ditutorialkan
  2. Melaksanakan tutorial 8 kali pertemuan sesuai jadwal yang telah ditentukan.
  3. Tutor yang tidak aktif melaksanakan tugasnya 3 minggu berturut-turut akan diganti dan tidak direkomendasikan lagi untuk menjadi tutor pada semester berikutnya
  4. Tutor dikatakan “aktif” jika melakukan aktivitas
  • Merevisi materi setiap semester
  • Membuat forum diskusi (satu forum diskusi setiap minggu)
  • Aktif merespon tanggapan dan pertanyaan mahasiswa
  • Membuat link materi dengan sumber pembelajaran lain
  • Memberikan umpan balik atas jawaban tugas mahasiswa
  1. Apabila ada tuton suatu mata kuliah yang tidak ada mahasiswanya atau mahasiswanya tidak aktif, tutor tetap melaksanakan kewajibannya sebagai tuton
  2. Menyerahkan laporan kegiatan tuton kepada Pembantu Dekan III

 

C. Kegiatan Tuton

Pada setiap pertemuan, tutor diwajibkan:

  1. Memberikan materi inisiasi

Materi inisiasi bertujuan untuk memicu dan memacu mahasiswa dalam memahami BMP yang berisi panduan kepada mahasiswa untuk menyusun peta konsep, ringkasan materi atau pendalaman materi

  1. Membuat forum diskusi

Forum diskusi bertujuan untuk menstimuli mahasiswa mengemukakan pemikirannya terkait dengan materi yang diberikan atau ajakan membahas suatu masalah (studi kasus) yang terkait dengan materi inisiasi

  1. Memberikan materi pengayaan yang relevan dengan  materi yang sedang dibahas

Materi pengayaan bertujuan memberikan tambahan wawasan keilmuan terkait materi inisiasi yang bersumber dari Open Educaional Resources (OER) dan Latihan Mandiri (LM)

  1. Memberikan tugas tutorial

Tugas tutorial diberikan pada pertemuan ke-3, ke-5 dan ke-7 untuk mengukur tingkat pemahaman mahasisawa terhadap materi tutorial

  1. Membahas:
  • Materi dengan memperhatikan kompetensi esensial atau konsep-konsep penting;
  • Materi yang dianggap sulit oleh mahasiswa;
  • Contoh penerapan ilmu dalam kehidupan sehari-hari.
  1. Menerapkan strategi tutorial dan belajar mandiri secara efektif untuk matakuliah yang ditutorialkan.
  2. Melaksanakan/memfasilitasi berbagai kegiatan tutorial, seperti memberi informasi dan  memimpin diskusi, latihan,
  3. Mengingatkan mahasiswa untuk mempelajari materi pertemuan selanjutnya
  1. Memberikan respon terhadap tanggapan dan pertanyaan mahasiswa pada forum diskusi
  2. Memeriksa dan memberikan umpan balik terhadap tugas mahasiswa pada menu Tugas Tutorial
  3. Entry nilai tuton secara online pada link hhtp://elearning.ut.ac.id/apput/entry/ sesuai dengan tanggal yang telah ditentukan (paling lambat 2 minggu setelah hari terakhir UAS)

 

D. Pedoman penilaian

Aspek yang dinilai dalam Tuton, baik Tuton mata kuliah maupun Tuton TAP, adalah pengerjaan tugas dan partisipasi dalam tutorial. Skor dari tugas dan partisipasi dalam Tuton mata kuliah mempunyai kontribusi 30% terhadap nilai akhir mata kuliah, sedangkan untuk Tuton TAP berkontribusi 50% terhadap nilai akhir TAP, jika UAS atau TAP mencapai skor minimal 30. 

Rumus penilaian:

Nilai Tuton adalah gabungan dari:

  • Nilai Aktivasi: 20% dari 100%
  • Nilai Diskusi: 30% dari total nilai diskusi 1 s/d 8
  • Nilai Tugas: 50% dari total nilai tugas 1, 2, dan 3