FAQ PPs

Pertanyaan: 

Bagaimana Tutorial Online ( Tuton) bagi mahasiswa Program Magister Reguler?

Tuton dilakukan melalui jaringan internet/online dan wajib diikuti oleh mahasiswa. Bagi mahasiswa Program Magister Online, tuton diberikan dalam bentuk pemberian minimal 8(delapan) kali materi inisiasi dan 3 (tiga) tugas yang harus dikerjakan mahasiswa, ditambah 4 (empat) kali materi pengayaan/pendalaman, yang disampaikan melalui berbagai cara antara lain chatting, web conference atau bentuk lainnya yang disepakati.

Bagaimana Tutorial online ( Tuton) bagi mahasiswa Program Magister Online?

Tuton dilakukan melalui jaringan internet/online dan wajib diikuti oleh mahasiswa. Bagi mahasiswa Program Magister Reguler, tuton berlangsung selama 13 minggu dalam bentuk pemberian minimal 8(delapan) kali materi inisiasi dan 3 (tiga) tugas yang harus dikerjakan mahasiswa.

Bagaimana Dengan Tutorial Tatap Muka (TTM) bagi mahasiswa Program Magister Reguler?

TTM hanya diwajibkan bagi mahasiswa yang mengambil Program Magister Reguler. Penyelenggaraan TTM dilaksanakan di kota UPBJJ-UT atau di tempat ujian resmi. TTM merupakan baian yang terintegrasi dengan Tuton. TTM dilaksanakan 4(empat) kali per semester untuk setiap mata kuliah dengan jadwal pelaksanaannya sesuai dengan kalender akademik PPs-UT.

Bagaimana penilaian akhir mata kuliah mahasiswa Program Magister (Reguler)?

Penilaian akhir Mata Kuliah didasarkan pada pengerjaan tugas dan partisipasi dalam kegiatan Tutorial Tatap Muka (TTM), Tutorial Online (Tuton) serta Ujian Akhir Semester (UAS). Nilai TTM berkontribusi 40% terhadap nilai akhir mata kuliah, nilai Tuton berkontribusi 20% terhadap nilai akhir mata kuliah, dan nilai UAS berkontribusi 40% terhadap nilai akhir mata kuliah. TTM, Tuton dan UAS wajib ditempuh bagi mahasiswa Program Magister (Reguler).

Bagaimana dengan kebijakan cutting skor nilai UAS minimal 40 dalam penilaian hasil belajar mahasiswa?

Sejak 2015.2 PPs UT telah memberlakukan kebijakan tentang cutting skor nilai UAS 40 dalam penilaian hasil belajar mahasiswa. Dengan demikian, nilai TTM dan nilai Tuton akan berkontribusi terhadap nilai akhir mata kuliah jika skor UAS minimal 40 (pada skala 0 – 100). Dengan demikian apabila tidak mencapai minimal skor nila 40 UAS, langsung memperoleh nilai E, artinya nilai TTM dan nilai Tuton tidak berkontribusi terhadap nilai akhir mata kuliah.

Bagaimana penilaian akhir mata kuliah mahasiswa Program Magister Online?

Penilaian akhir Mata Kuliah didasarkan pada pengerjaan tugas dan partisipasi dalam kegiatan Tutorial Online (Tuton) serta Ujian Akhir Semester (UAS). Nilai Tuton berkontribusi 60% terhadap nilai akhir mata kuliah, dan nilai UAS berkontribusi 40% terhadap nilai akhir mata kuliah. Nilai Tuton akan berkontribusi terhadap nilai akhir mata kuliah jika skor UAS minimal 40 (pada skala 0 – 100). Tuton dan UAS wajib ditempuh bagi mahasiswa Program Magister Online.